Jumat, 14 Desember 2018

SEGI-SEGI KEMU'JIZATAN AL-QUR'AN

Segi-segi Kemukjizat Al-Qur’an

Gaya Bahasa

Gaya bahasa dalam Al Qur’an sangatlah indah, karna mampu membuat orang arab pada saat itu kagum dan terpesona.

Kehalusan ungkapan bahasanya tidak ada yang dapat menandingi membuat banyak diantara mereka yang akhirnya masuk islam.

Seperti halnya Umar bin khattab yang mulanya sangat memusuhi islam akhirnya setelah mendengar lantunana ayat suci Al Qur’an dari adiknya beliau bersyahadat menyatakan diri masuk islam. Dan sampai sekarang tidak ada satupun manusia yang dapat membuat semisalnya (Al Qur’an)

Susunan Kalimat

Walaupun hadits qudsi, hadits nabawi sama-sama keluar dari mulut nabi, namun susunan kalimat serta bahasanya sangat jauh berbeda.

Kalimat-kalimat dalam bahasa Al Qur’an memiliki kualitas yang lebih tinggi diantar yang lainnya.

Dalam kalimat tersebut terkandung nilai-nilai yang istimewa dan tidak akan perna ada dari ucapan manusia.

Hukum Illahi yang sempurna

Al Qur’an bersifat global dan universal yang didalamnya terkandung berbagai macam hal yang mencakup aspek kehidupan baik itu kehidupan duniawi maupun ukhrawi.

Al qur’an menjelaskan pokok-pokok akidah, norma-norma, sopan santun.

Undang-undang, ekonomi politik serta kemasyarakatan. Selain itu juga adanya hukum-hukum mengenai hablumminallah atau kaitannya tentang ibadah.

Ketelitian Redaksinya

Ketelitian redaksi bergantung pada hal berikut :

keseimbangan antara jumlah bilangan kata dan antonimnya, beberapa contoh diantaranya :Al-Hayah {hidup} dan Al-Maut {mati}, masing-masing serbanyak 145 kaliAn-Naf {manfaat} dan Al-Madharah {mudarat}, masing-masing sebanyak 50 kaliKeseimbangan jumlah bilangan kata dengan sinonimnya atau makna yang dikandungnyaAl-harts dan Az-zira’ah {membajak/bertani}masing-masing 14 kaliAl-‘ushb dan Adh-dhurur {membanggakan diri/angkuh} masing-masing 27 kaliKeseimbangan antara jumlah bilangan kata dengan jumlah kata yang menunjukan akibatnyaAl-infaq {infaq} dengan Ar-ridha {kerelaan}masing-masing 73 kaliAl-bukhl {kekikiran} dengan Al-hasarah {penyesalan} masing-masing 12 kaliKeseimbangan antara jumlah bilangan kata dengan kata penyebabnyaAl-israf {pemborosan} dengan As-sur’ah {ketergesaan} masing-masing 23 kaliAl-maw’izhah {nasihat/petuah} dengan Al-lisan {lidah} masing-masing 25 kaliberita hal-hal ghaib

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa dalam Al Qur’an terdapat berita-berita mengenai hari akhir. Adanya hari kiamat, hari kebangkitan, hari penghitungan amal, surga dan neraka semuanya dijelaskan oleh Allah SWT dalam Al Qur’an dan itu semua merupakn suatu berita bagi kita semua.

Isyarat-isyarat ilmiah

Banyak sekali isyarat ilmiah yang di temukan dalam Al-Qur’an, misalnya :

Cahaya matahari bersumber dari dirinya dan cahaya bulan merupakan pantulan.

Sebagaiman yang dijelaskan dalam firman Allah surat Yunus ayat 5Artinya :

“Dialah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya dan ditetapkannya manzilah-manzilah {tempat-tempat} bagi perjalanan bulan itu, supaya kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan {waktu}.

Allah tidak menciptakan yang demikian itu, melainkan dengan hak.

Dia menjelaskan tanda-tanda {kebesaran-Nya} kepada orang-orang yang mengetahui}”Kurangnya oksigen pada ketinggian dapat menyesakkan Al-Qur’an surat Al-An’am ayat 25Perbedaan sidik jari manusia. Al-Qur’an surat Al-Qiyamah ayat 4Aroma atau bau manusia berbeda-beda. Al-Qur’an surat Yusuf ayat 94Masa penyusunan yang tepat dan masa kehamilan minimal, Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 233

Tidak ada komentar:

Posting Komentar