Jumat, 20 Januari 2023

1 Rojab jatuh hari apa


Jadwal Buka Puasa Bogor Hari Ini 24 April 2022, Cek di Sini
Ilustrasi malam 1 Rajab. (Foto: Getty Images/pictafolio)
 - Salah satu cara untuk menyambut malam 1 Rajab yang dapat diamalkan muslim adalah membaca doa menyambutnya. Bulan Rajab merupakan salah satu bulan yang istimewa dengan keutamaan yang dikandungnya.

Rajab menjadi satu dari empat bulan suci sesuai firman Allah SWT dalam surat At-Taubah ayat 36. Melalui ayat ini, Allah SWT berfirman mengenai bulan-bulan yang diagungkan,

ุฅِู†َّ ุนِุฏَّุฉَ ุงู„ุดُّู‡ُูˆุฑِ ุนِู†ْุฏَ ุงู„ู„َّู‡ِ ุงุซْู†َุง ุนَุดَุฑَ ุดَู‡ْุฑًุง ูِูŠ ูƒِุชَุงุจِ ุงู„ู„َّู‡ِ ูŠَูˆْู…َ ุฎَู„َู‚َ ุงู„ุณَّู…َุงูˆَุงุชِ ูˆَุงู„ْุฃَุฑْุถَ ู…ِู†ْู‡َุง ุฃَุฑْุจَุนَุฉٌ ุญُุฑُู…ٌ ۚ ุฐَٰู„ِูƒَ ุงู„ุฏِّูŠู†ُ ุงู„ْู‚َูŠِّู…ُ ۚ ูَู„َุง ุชَุธْู„ِู…ُูˆุง ูِูŠู‡ِู†َّ ุฃَู†ْูُุณَูƒُู…ْ ۚ ูˆَู‚َุงุชِู„ُูˆุง ุงู„ْู…ُุดْุฑِูƒِูŠู†َ ูƒَุงูَّุฉً ูƒَู…َุง ูŠُู‚َุงุชِู„ُูˆู†َูƒُู…ْ ูƒَุงูَّุฉً ۚ ูˆَุงุนْู„َู…ُูˆุง ุฃَู†َّ ุงู„ู„َّู‡َ ู…َุนَ ุงู„ْู…ُุชَّู‚ِูŠู†َ

Artinya: "Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa."

Dinamakan bulan Haram menurut Al Qodhi Abu Ya'la merujuk pada dua makna. Pertama, ada pengharaman pembunuhan pada keempat bulan tersebut.

Kedua, larangan untuk melakukan perbuatan haram lebih ditekankan daripada bulan lainnya. Sufyan Ats Tsauri dalamKitab Latho-if Al Ma'arif menambahkan, 4 bulan Haram adalah waktu terbaik untuk mengerjakan amal ketaatan hingga para salaf menyukai puasa pada bulan tersebut.

"Pada bulan Haram, aku sangat senang berpuasa di dalamnya," kata Sufyan Ats Tsauri yang diterjemahkan Tim PISS-KTB dalam buku Hasil Bahtsul Masail dan Tanya Jawab Agama Islam.

Keutamaan bulan Rajab lainnya disebutkan dalam salah satu hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Bakrah dan dikutip dari kitab The Book of Miscellany. Hadits ini mengatakan, Rajab berada tepat sebelum bulan Sha'ban dan Ramadhan, sesuai dengan kalender Hijriah.

ูˆุนู† ุฃุจูŠ ุจูƒุฑุฉ ู†ููŠุน ุจู† ุงู„ุญุงุฑุซ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ุนู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู‚ุงู„‏:‏ ‏"‏ุฅู† ุงู„ุฒู…ุงู† ู‚ุฏ ุงุณุชุฏุงุฑ ูƒู‡ูŠุฆุชู‡ ูŠูˆู… ุฎู„ู‚ ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุณู…ูˆุงุช ูˆุงู„ุฃุฑุถ‏:‏ ุงู„ุณู†ุฉ ุงุซู†ุง ุนุดุฑ ุดู‡ุฑًุง، ู…ู†ู‡ุง ุฃุฑุจุนุฉ ุญุฑู…‏:‏ ุซู„ุงุซ ู…ุชูˆุงู„ูŠุงุช‏:‏ ุฐูˆ ุงู„ู‚ุนุฏุฉ، ูˆุฐูˆ ุงู„ุญุฌุฉ، ูˆุงู„ู…ุญุฑู…، ูˆุฑุฌุจ ู…ุถุฑ ุงู„ุฐูŠ ุจูŠู† ุฌู…ุงุฏู‰ ูˆุดุนุจุงู†

Artinya: "Waktu telah menyelesaikan siklusnya dan telah mencapai kondisi saat Allah SWT menciptakan langit dan bumi. Tahun terdiri atas 12 bulan dengan empat bulan tidak dapat diganggu gugat. Tiga di antaranya berurutan Dhul-Qa'dah, Dhul-Hijjah dan Muharram dan Rajab https://www.detik.com/tag/rajab, bulan Mudar (suku), yang berada di antara Jumada dan Sha'ban." (HR Bukhari dan Muslim)

Jadwal Malam 1 Rajab dan Doa Menyambutnya

Mengingat ada sejumlah keutamaan di bulan Rajab seperti yang disebutkan sebelumnya, ada baiknya bila muslim memerhatikan kapan malam 1 Rajab dimulai dan menyambutnya dengan bacaan doa. Untuk mengetahui waktu tepatnya, diperlukan konversi kalender Hijriah menjadi kalender Masehi.

Salah satunya seperti yang disusun oleh Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama (Kemenag) RI melalui kalender digital terbitannya yang bertajuk Kalender Hijriah Indonesia Tahun 2023 M. Berdasarkan kalender konversi tersebut, malam 1 Rajab dimulai pada Senin, 23 Januari 2023 mendatang.

Untuk menyambutnya, muslim dapat mengamalkan doa menyambut bulan Rajab sebagai berikut.

ุฃู„ู„َّู‡ُู…َّ ุจَุงุฑِูƒْ ู„َู†َุง ูِูŠْ ุฑَุฌَุจَ ูˆَุดَุนْุจَุงู†َ ูˆَุจَู„ِّุบْู†َุง ุฑَู…َุถَุงู†

Bacaan latin: Allahumma barik lana fi rajaba wa sya'bana wa balighna Ramadhana

Artinya: "Ya Allah, berkahilah umur kami di bulan Rajab dan Syaban, serta sampaikanlah (umur) kami hingga bulan Ramadhan."

Menurut Ustadz Yusuf Mansyur dalam arsip pemberitaan detikcom, doa tersebut memiliki derajat hadits dhaif atau ringan. Meskipun demikian, tidak ada salahnya untuk membaca doa menyambut bulan Rajab tersebut untuk meminta keberkahan dari Allah SWT sepanjang bulan Rajab.

Selain itu, dikutip dari laman Kemenag, sejumlah ulama menganjurkan untuk memperbanyak amal di bulan Rajab atas dasar fadailul a'mal, seperti mengerjakan salat sunnah khusus sesudah salat Maghrib, berpuasa sunnah sebulan penuh, memperbanyak istighfar Rajab dan shalawat Rajab meski masih ada sikap pro dan kontra di kalangan ulama. 


Simak Video "Doa di Nusa Dua, Luhut Harap Rusia-Ukraina Damai Saat G20"



(rah/lus)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar